Laporkan Penyalahgunaan

Sosialisasi Transisi PAUD ke SD Oleh Dr. Hj. Verawaty Mashuri, M.Pd. Sukses Digelar di SDN 81

1 komentar

 

Sosialisasi Transisi PAUD ke SD Oleh Dr. Hj. Verawaty Mashuri, M.Pd. Sukses Digelar di SDN 81

Pada hari Jum’at, 19 Juli 2024, Dr. Hj. Verawaty Mashuri, M.Pd., yang merupakan Bunda PAUD Kab Bungo mengadakan sosialisasi Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Acara ini dihadiri oleh para guru, orang tua siswa baru, dan siswa. Semua yang terlibat sangat antusias.

Kedatangan Bunda PAUD dan rombongan disambut meriah oleh Drumb Band Bahana Rizki. Bersama itu semua murid berkumpul di lapangan membentuk formasi melingkar, menghantarkan iring-iringan dengam melambaikan bendera merah putih ke kelas sasaran.

Ibu Verawaty menyapa hangat peserta didik baru. Mengajak bernyanyi bersama. Serta melontarkan beberapa pertanyaan. Siswa baru menjawab dengan antusias, berani dan semangat. Kegiatan sangat interaktif, pertanyaan seputar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Kemudian, acara berlanjut untuk orang tua murid baru, yang mengambil peran untuk menyukseskan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Ada sekitar 120 orang tua siswa. Momen ini juga dihadiri oleh guru, Dinas pendidikan dan kebudayaan Kab. Bungo yang diwakili oleh pak Marjohan, Pokja Bunda PAUD, Camat dan Korwil Kecamatan Pasar Muara Bungo.

Transisi dari PAUD ke SD

Transisi dari PAUD ke SD

Transisi dari PAUD ke SD sangat penting. Transisi PAUD ke SD sendiri memiliki tujuan agar peserta didik PAUD tidak perlu melakukan banyak penyesuaian saat berpindah menjadi peserta didik SD, serta agar peserta didik SD yang tidak pernah mengikuti PAUD, tetap dapat terpenuhi haknya untuk mendapatkan pembinaan kemampuan fondasi.

Kemampuan fondasi yang dimaksud adalah mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa, kematangan emosi, pemaknaan terhadap belajar yang positif, keterampilan motorik dan perawatan diri, kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan pembelajaran.

Jadi, tidak menjadikan calistung sebagai dasar penerimaan siswa, transisi PAUD ke SD dibuat lebih menyenangkan dengan memasukan literasi dan numerasi dengan bernanyi, melakukan ice breaking dan yel-yel yang membuat anak-anak bergembira.

Kepala sekolah SDN 81/II Muara Bungo, Rafai S. Pd menambahkan telah melakukan transisi PAUD ke SD dengan optimal. Dengan mendorong para guru menyediakan pembelajaran yang sesuai tahapan perkembangan usia anak.

transisi paud ke sd yang menyenangkan

Linda Puspita, S. Pd, Evi Deswati, S. Pd, Dini Melanie, S.Pd dan Febby Kamila, S.Pd selaku guru kelas satu mengaku berusaha maksimal melakukan metode pembelajaran yang efektif untuk anak-anak di masa beradaptasi dengan lingkungan SD.

Penutup

Guru SDN 81 Muara Bungo

Alhamdulillah, karena peran orang tua, semua guru SDN 81/II Muara Bungo dan semua pihak yang terlibat acara sosialisasi transisi PAUD ke SD berlangsung sukses. Dr. Verawaty menekankan agar wali murid dapat memberikan dukungan emosional dan mental secara maksimal, sedangkan guru perlu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan happy sesuai perkembangan usia anak.

 

 

 

 

 

 

Linda Puspita
Blogger dan Guru Honorer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Pasti seru ya mbak acaranya. Bertepatan dengan hari pertama masuk sekolah ya. Semangat mengajar mbaaa

    BalasHapus

Posting Komentar