Laporkan Penyalahgunaan

5 Cara Memulai Bisnis di Kampung yang Tepat Agar Untung Maksimal

5 Cara Memulai Bisnis di Kampung yang Tepat Agar Untung Maksimal
Sumber: https://amartha.com

Siapa bilang peluang usaha di kampung sangat sedikit? Peluang usaha pastinya akan selalu ada dimanapun ketika kamu dapat menyesuaikan bisnis yang relevan dengan target pasar. Jika kamu masih bingung terkait cara memulai bisnis di kampung, maka simak beberapa hal yang bisa dilakukan pada ulasan ini.

Cara Memulai Bisnis di Kampung

Memulai bisnis dimanapun tempatnya akan tetap dengan konsep yang sama. Nah, berikut beberapa panduan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi cara memulai bisnis di kampung.

1. Mempelajari Kebutuhan Pasar

Jika kamu baru saja pindah ke kampung halaman, maka mestinya mempertimbangkan kebutuhan pasar setempat. Lantas, bagaimanakah caranya? Bisa melalui survei atau observasi kebutuhan masyarakat.

Memulai bisnis dengan mengandalkan target pasar di kota hanya akan membuat bisnis gulung tikar dalam beberapa minggu. Setelah survei atau observasi dilakukan, maka kamu bisa mengembangkan bisnis apakah yang cocok dan berpotensi besar di kampung.

2. Siapkan Modal

Modal adalah kunci yang sangat penting dalam membangun usaha. Jika kamu memiliki kendala modal, tidak perlu khawatir karena kamu bisa ajukan pendanaan UMKM di Amartha yang telah diawasi OJK.

3. Membuat Rencana Bisnis

Karena target pasar adalah hal yang utama sebelum membuat ide bisnis, maka hal tersebut harus kamu dahulukan daripada yang lainnya.  Untuk pembuatan rencana bisnis, beberapa hal yang harus kamu fokuskan seperti visi, misi, tujuan, target pasar, kebutuhan operasional, estimasi modal, dan sumber dayanya.

Meski kamu sudah sukses berbisnis di perkotaan, janganlah terlalu gegabah untuk memulai bisnis yang kompleks dan besar. Cukup dimulai dengan bisnis yang kecil, tetapi sesuai dengan target pasar setempat.

4. Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Meski belum tentu semua kampung sudah terpapar dengan aplikasi transportasi online, tetapi kamu jangan berputus asa dulu ya. Penjualan secara online masih dapat dilakukan via media sosial seperti whatsapp dan instagram. Jadi, bukan hal yang mustahil untuk memulai bisnis di kampung dengan teknologi. Gunakan juga media sosial sebagai alat untuk menjangkau pasar secara keseluruhan.

5. Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Nah, sembari membangun relasi lewat media sosial dan masyarakat setempat, kualitas dan kuantitas produk atau layanan pastikan sudah mencukupi ya. Karena bagaimanapun juga kualitas produk dan layanan adalah kunci utama yang akan membuat pelanggan kembali pada bisnismu.

Rekomendasi Bisnis di Kampung yang Menguntungkan

Contoh rekomendasi ide usaha di kampung yang dapat menjadi referensi saat memulai usaha di kampung antara lain:

1. Warung Sembako

Peminat sembako di mana pun pasti akan selalu tinggi. Sebab, sudah menjadi kebutuhan primer sehari-hari masyarakat di perkotaan maupun pedesaan. Untuk varian produk yang dijual biasanya adalah beras, telur, minyak, dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

2. Makanan Olahan

Masyarakat di kampung biasanya memiliki resep olahan makanan turun temurun yang sudah mendarah daging. Tak ada salahnya menjadikan resep tersebut sebagai ide bisnis kamu selanjutnya.

Bahan-bahan makanan juga bukanlah menjadi kendala untuk memulai bisnis olahan makanan di kampung. Dengan keuntungan yang cukup banyak, mungkin ini bisa jadi ide bisnis yang patut dipertimbangkan.

3. Budidaya Tanaman Hias

Meski tanaman hias bukan menjadi kebutuhan utama setiap rumah tangga, tetapi bagi peminat tanaman hias, mereka tak segan-segan untuk membelinya dengan harga tinggi.

Masyarakat dari kota pun juga punya hobi tersendiri membeli tanaman hias di desa-desa. Sebab, banyak yang beranggapan bahwa potensi pembibitannya jauh lebih baik daripada di kota.

Itulah cara memulai bisnis di kampung beserta rekomendasi ide usaha di kampung yang bisa kamu coba. Jika masih terkendala dengan modal usaha, kamu bisa ajukan pendanaan UMKM di Amartha.

 

 

Linda Puspita
Blogger dan Guru Honorer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar