Laporkan Penyalahgunaan

Dedikasi Tenaga Medis Jambi Mohammad Afifi Romadhoni

 

Dedikasi Tenaga Medis Jambi Mohammad Afifi Romadhoni

Isu bullying mahasiswi dokter spesialis yang beredar belakang ini, telah memicu diskusi yang lebih luas tentang berbagai isu lainnya. Senioritas, gender, atau status sosial mau tidak mau akan membangun karakter dokter yang tidak baik. Tentunya berimbas pada Kualitas saat memberikan pelayanan Kesehatan oknum tersebut setelah ia bertugas.

Disini kusebut oknum, iya oknum. Karena aku yakin tidak semua senior dan lulusan kedokteran yang terlibat dengan isu ini. Tentunya banyak yang masih memiliki dedikasi dan komitmen seorang tenaga medis dengan vibes positif.

Sebut saja dokter muda Mohammad Afifi Romadhoni yang kini bertugas di Jambi. Aku mengikuti media sosialnya @afifmohd13 sudah sejak lama, kegiatan yang dia lakukan menginspirasi dan membawa vibes positif di tengah tantangan carut marut caci dan puji.

Dia dikenal dengan Dokter “spesialis” kesehatan santri. Kampanye gerakan sehat tinggal di pesantren bahkan mengantarkannya menjadi Salah satu penerima satu Indonesia Awards tahun 2019 di bidang kesehatan. Bagaimana kisahnya, baca sampai selesai yuk!

Gerakan Pesantren Sehat

GPS atau gerakan pesantren sehat digagas oleh Afif yang kini bertugas sebagai Dokter umum Program Nusantara Sehat Individu Kementerian Kesehatan. Hingga kini, komunitas ini semakin besar dan telah memiliki banyak relawan yang berkontribusi pada pesantren pesantren di lingkungan provinsi Jambi.

Berdiri sejak Mei 2017, gerakan pesantren sehat masih tumbuh dan berkembang hingga sekarang. Terus mengkampanyekan cara hidup sehat di pesantren, agar berubah mindset santri.

Menurut pengalaman dokter muda ini, dulunya dia yang menimba ilmu dari pesantren. Ada beberapa pesantren yang masih memiliki mindset jika santri gudiken atau kena penyakit scabies, it’s okey, gak masalah, itu tirakat nyantri. Padahal, tidak ‘kan!

Gerakan pesantren sehat sebagai pencegahan penyakit ini agar santri nyaman belajar. Tidak lagi memakai barang bersama-sama, pasta gigi, sabun, bantal, kasur, handuk, selimut. Jaga kebersihan alat mandi, tempat tidur, lingkungan pondok.

Kemudian, tidak lagi menjemur baju basah, handuk di kamar pondok yang membuat pondok jadi lembab. Lebih lanjut, gerakannya juga memberikan edukasi kesehatan untuk usia anak pondok yang mulai remaja. Dengan gerakan ini, diharapkan berubah mindset, bahwa kalau gak gudhiken, belum jadi santri secara totalitas.

Berbagai gerakan pesantren sehat dipublish di akun Instagram @gps.Foundation. kegiatannya banyak kampanye seputar PHBS atau Prilaku Hidup Bersih dan Sehat di pesantren. Berikut 11 program GPS yang menginspirasi:

  • Program Sharing Class. Kegiatan sharing mengenai hidup bersih dan sehat (PHBS), sharing untuk kesehatan reproduksi, dan sharing kesehatan mental para santri.
  • Program Doktren (Dokter Pesantren), yaitu perwakilan yang telah dilatih sebagai sambung lidah untuk kesehatan serta program Cerita Santri untuk meningkatkan kesadaran mengenai kesehatan mental, perundungan, dan pelecehan.
  • Program Patok yaitu mengkampanyekan bahaya rokok dan menyuarakan anti-asap rokok.
  • Program Book4Santri, yaitu mengelola buku bekas untuk disumbangkan dan dimanfaatkan.
  • Program Kasih Sayang yaitu memotivasi agar santri rajin mencuci mukena, sarung, dan sajadah secara rutin untuk menjaga agar tetap bersih dan sehat.

Penutup

Dokter Afif adalah salah satu figure yang memberikan vibes positif dan berjuang untuk masyarakat sekitar. Di tengah kesibukannya sebagai tenaga medis tentunya. Vibes positif itu menular.

Semoga Isu bullying yang menimpa mahasiswa/i kedokteran dapat diakhiri dengan baik, sehingga banyak dokter seperti dokter Afif, dikenal, dirasakan manfaatnya untuk orang banyak, orang pun ketika sakit tidak “enggan” untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Karena ya, “senyaman itu!” konsultasi dengan dokter yang baik.

 

 

Linda Puspita
Blogger dan Guru Honorer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar