Laporkan Penyalahgunaan

Menikmati Atmosfir Sejarah Kota Istanbul Turki Melalui Umroh plus Turki 2025

Posting Komentar

Menikmati Atmosfir Sejarah Kota Istanbul Turki Melalui Umroh plus Turki 2025

Daya pikat kota Istanbul, kota Bursa di Turki memang sangat luar biasa. Salah satu wish list adalah dapat menikmati atmosfir sejarah Kota Istanbul Turki yang mempesona. Melalui umroh plus Turki 2025, kita diajak beribadah umroh di Tanah Suci sekaligus mengexplore peninggalan sejarah yang mendunia ini.

Kota Istanbul Turki

Hagia Sophia

Di Kota Istanbul Turki, kita bisa menyaksikan langsung peninggalan sejarah dari abad ke 4 dengan pergantian kekuasaan Byzantium hingga beralih ke kaisar Ottoman. Disini sejarah dan modernitas melebur. Ada kubah megah hagia Sophia yang berdiri kokoh. Sejarah menuliskan hagia Sophia sebelumnya adalah gereja kekaisaran Bizantium yang kemudian di masa Ottoman berubah menjadi sebuah masjid. Sekarang difungsikan sebagai musium, namun keindahan dan kemewahan terlihat jelas. Jika kita mendongak ke atas, terlihat langit langit kubah yang melengkung dengan mosaik-mosaik yang tidak kalah indahnya. Berdiri dibawahnya, kita terasa sangat kecil dan tidak berarti apa-apa.

Kekaguman tidak berhenti di Hagia Sophia, kita akan disuguhkan enam menara yang menjulang tinggi dari Masjid Biru atau disebut Blue Mosque. Interior dengan ubin biru keramik terpancar lembut. Beribadah disini akan terasa semakin khusuk, karena suasana yang nyaman dan tenang.

Istana Topkapi

Mengunjungi Turki, tidak afdol kalau tidak menyaksikan langsung kemewahan Istana Topkapi, tepat berada di Stanbul, istana ini menjadi saksi kekuasaan para Sultan Ottoman selama lebih 400 tahun. Seperti pindah ke kehidupan sebelumnya, kita akan takjub terhadap barang barang kerajaan, seperti emas, permata, relik suci Nabi Muhammad, salinan Al Qur’an, Jubah kerajaan, senjata, potret kerajaan dan buku-buku langka.

Selanjutnya, kita akan mengunjungi pasar tertua di dunia, yang telah dimulai dari abad ke 15. Grand Bazar. Pasar ini berhasil menarik pengunjung hingga 400.000 orang setiap harinya. Beragam barang dijual disini. Ada hampir 3000 toko. Selain didesain dengan indah, pasar ini makin terlihat indah dengan pedagang yang loyal senyum ramah.

Kota Bursa di Turki

Menelusuri sejarah tidak hanya di Istanbul Turki, selanjutnya ada kota Bursa, yang disebut-sebut permatanya Ottoman. Kota ini merupakan ibu kota Kekaisaran Ottoman. Yang sangat populer sebagai kota hijau. Banyak taman dan gunung yang hijau. Salah satunya gunung Uludag yang berdiri tegak dengan gagah.

Mengeksplore tempat-tempat disini sama seperti melakukan perjalanan spritual, dimana nilai nilai Islam terasa hangat. Puncak Kejayaan Islam ada di Sini. Sebuah masjid dengan arsitektur megah berdiri dari abad 14.  Masjid Ulu atau Ulu Cami yang memiliki 20 kubah besar dengan kolam air di tengah-tengah. Di dinding masjid dapat dinikmati ayat-ayat suci Al Qur’an dalam bentuk kaligrafi indah.

Masjid Ulu

Umroh plus Turki 2025 menjadi hal yang ingin diulang, sebab perjalanan religi yang akan menambah kekaguman kita terhadap Islam. Jejak kejayaan Islam sangat ketara di sini, ada juga pasar sutra kuno tidak jauh dari berdirinya Masjid Ulu, ini merupakan perdagangan sutra yang masih eksis dari berabad-abad dahulu.

Di Bursa juga kita bisa berziarah di makam para Sulthan Ottoman. Kejayaan dan keagungan terpancar jelas di makam ini.

Terakhir, nikmati kuliner khas Bursa. Tidak sekedar lezat tetapi memiliki resep legend yang tidak ditemukan di tempat lain. Ada Iskender Kebab, kebab daging sapi yang disantap dengan roti khas pita dan tambahan yoghurt.

Penutup

Nah, itulah sedikit cerita tentang tempat yang kaya akan sejarah Islam dengan budaya yang kental, berikut jejak kejayaan. Melalui program Umroh plus Turki 2025, kita bisa umroh sekaligus melakukan kunjungan ke Istanbul dan Bursa. Dua kota yang menawarkan sejarah, budaya, perjalanan religi yang tidak didapatkan di tempat wisata lain.

“Aamiin”

Semoga perjalanan dimudahkan.

Linda Puspita
Blogger dan Guru Honorer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar