Laporkan Penyalahgunaan

Cara Mencapai Kondisi Financial Freedom Yang Kamu Inginkan

Posting Komentar

Cara Mencapai Kondisi Financial Freedom Yang Kamu Inginkan

Apakah Kamu sering masih memikirkan mengenai uang yang dimiliki, karena khawatir tidak mempunyai cukup simpanan untuk kebutuhan di masa depan. Apabila Kamu berpikir mengenai keuangan yang dimiliki dan respon yang dipunyai adalah khawatir dan tidak tenang, maka hal tersebut menandakan bahwa Kamu belum mencapai financial freedom. Kebebasan finansial adalah kondisi ketika kemampuan keuangan yang dipunyai sudah mapan, sehingga tidak khawatir lagi kurang uang masa depan untuk memenuhi kebutuhan yang dipunyai.

Kondisi mapan secara finansial tersebut mempunyai banyak ciri yang ingin dicapai oleh seseorang. Seperti kondisi yang simple ketika belanja tidak perlu melihat lagi label harga tetapi bisa langsung untuk membelinya. Selain itu, kondisi kebebasan finansial yang bisa dikenali adalah sudah mempunyai pendapatan passive yang didapatkan dari hasil investasi, bisa mempunyai uang yang cukup untuk biaya gaya hidup, dan juga tidak perlu khawatir mengenai hutang karena biasanya terbebas dari hutang. Cara yang bisa digunakan untuk mencapai kondisi keuangan yang mapan tersebut ada banyak yang bisa dilakukan, yaitu dengan berikut ini:

Terbebas dari Hutang

Cara yang pertama untuk mencapai kondisi financial freedom yang tidak perlu takut lagi untuk keuangan yang dipunyai adalah dengan berusaha terbebas dari hutang. Sekarang ini ada banyak godaan yang sangat mudah untuk mengambil hutang karena banyaknya cara pembayaran dengan cicilan seperti paylater. Hal tersebut akan membuat Kamu sering mengandalkan hutang untuk memiliki sesuatu dan juga menormalisasi mengambil hutang untuk memenuhi keinginan.

Sebaiknya hindari hutang terutama ketika digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak penting. Apabila terpaksa mengambil hutang sebaiknya sudah mempunyai perencanaan yang cukup yaitu untuk mengembangkan usaha atau memulai usaha dan jangan sampai mengambil hutang hanya untuk memenuhi keinginan. Apabila terbebas dari hutang akan membuat Kamu mempunyai pikiran yang lebih tenang karena tidak perlu khawatir mengenai jangka waktu yang perlu untuk membayar hutang setiap bulannya.

Memahami Kondisi Keuangan

Mempunyai kondisi keuangan yang membuat tenang adalah dengan mengetahui kondisi keuangan yang dipunyai dengan baik. Ketahui mengenai penghasilan yang dipunyai dan juga pengeluaran yang dicatat dengan lengkap. Pastikan untuk memastikan bahwa kondisi keuangan yang Kamu punyai baik-baik saja, sehingga tidak sampai mengalami masalah keuangan. Seperti ketika akan mengambil hutang, sebaiknya jaga presentase agar cicilannya tidak sampai melebihi 30% dari penghasilan yang dipunyai. Dengan mempunyai kesadaran mengenai kondisi keuangan dengan baik akan membantu untuk bisa mengatur keuangan dengan baik agar mencapai kondisi keuangan yang mapan.

Membuat Rencana Keuangan

Mencapai financial freedom penting sekali dari peran untuk membuat rencana keuangan. Kamu tentunya perlu untuk membuat rencana keuangan dengan mempunyai anggaran keuangan yang diatur setiap bulannya. Buat anggaran keuangan yang bisa menentukan agar pengeluaran yang dipunyai tidak akan lebih besar dari pendapatan yang masuk.

Rencana keuangan tersebut akan sangat dibutuhkan juga untuk bahan evaluasi, sehingga bisa memotong anggaran yang tidak perlu. Buat rencana keuangan dengan baik yaitu mengatur pengeluaran sesuai dengan prioritas yang tepat, sehingga mampu untuk membiayai kebutuhan belanja bulanan, membayar tagihan, menabung, dan juga pos lainnya.

Menggunakan Gaya Hidup Sederhana

Apabila penasaran mengenai berapa besar yang Kamu butuhkan untuk dapat mencapai kebebasan finansial sendiri untuk setiap orang akan berbeda-beda. Di mana hal tersebut tergantung dari kebiasaan atau gaya hidup yang dipunyai. Bagi yang mempunyai pengeluaran yang sedikit tiap bulannya tentunya akan lebih mudah untuk mengumpulkan uang yang bisa digunakan untuk membuat Kamu bisa tenang dan cepat mencapai kebebasan finansial. Untuk mencapai kondisi tersebut juga perlu diimbangi dengan gaya hidup yang sederhana seperti mempunyai kebiasaan menabung, tidak boros, dan juga mempunyai pengaturan keuangan dengan baik sehingga banyak pengeluaran yang tidak keluar sia-sia.

Berinvestasi dan Tabungan

Berinvestasi dan Tabungan

Hal terakhir yang penting untuk dimiliki agar tidak perlu khawatir mengenai keuangan adalah dengan mempunyai pikiran yang panjang untuk menabung dan berinvestasi. Contohnya adalah dengan memulai berinvestasi, sehingga nantinya bahkan Kamu bisa hidup dari hasil investasi yang didapatkan karena juga mempunyai gaya hidup yang sederhana. Selain itu selalu siapkan tabungan untuk masa depan yang bisa digunakan untuk menyiapkan masa pensiun, cover untuk dana darurat, hingga juga rencana keuangan masa depan yang bisa dicapai seperti keinginan.

Di atas merupakan cara yang bisa Kamu ikuti untuk mendapatkan kondisi tenang dan tidak perlu khawatir mengenai keuangan di masa depan. Financial freedom juga bisa disiapkan dengan menyiapkan asuransi yang bisa Kamu dapatkan di Allianz. Dengan mempunyai asuransi Allianz akan mengcover biaya dari resiko yang diluar rencana keuangan, sehingga akan mendapatkan ganti dari biaya yang telah dikeluarkan sebelumnya untuk biaya perawatan rumah sakit hingga ketika kehilangan pencari nafkah dalam keluarga.

 

 

 

Linda Puspita
Blogger dan Guru Honorer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar