Laporkan Penyalahgunaan

Anda Berencana Untuk Berwisata? Berikut Ini Tips Traveling Terbaik

Posting Komentar

Anda Berencana Untuk Berwisata? Berikut Ini Tips Travelling Terbaik

Untuk mengisi liburan memang lebih asyik kalau melakukan traveling ke tempat wisata. Apalagi bagi anda yang selalu sibuk dengan berbagai aktivitas tentunya ingin mencari suasana yang baru untuk menyegarkan pikiran.

Sebelum berwisata, alangkah baiknya jika Anda mengetahui Tips traveling terbaik terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Tentukan Destinasi Sebelum Berangkat

Pilih  dan tulis daftar tempat yang ingin Anda kunjungi pada kota tujuan Anda. Kalau perlu, Anda bisa melakukan survei tempat menarik melalui beberapa review yang ada di beberapa situs internet atau mobile apps yang tersedia.

Hindari memilih tujuan secara mendadak saat hari H, karena hal tersebut akan membuang sia-sia lebih banyak waktu liburan Anda. Sebaiknya hindari pula memilih terlalu banyak tujuan, karena selain menghabiskan banyak energi, mengunjungi terlalu banyak tempat juga memakan lebih banyak biaya. Apa lagi kalau Anda sampai jatuh sakit karena kelelahan, bahkan hingga masuk rumah sakit untuk berobat.

Riset Tempat yang Akan Dikunjungi

Setelah menentukan destinasi wisata untuk liburan, alangkah baiknya bagi Anda untuk melakukan mini riset mengenai daerah yang akan dikunjungi. Hal tersebut sangatlah penting terutama untuk menjaga keamanan dan kenyaman saat berpetualang. 

Pelajari Kosakata Bahasa Setempat

Sebaiknya Anda membaca sedikit tentang bahasa daerah setempat, terutama percakapan sehari-hari. Hal ini tentunya bisa membantu Anda untuk berkomunikasi bersama masyarakat setempat di tempat wisata yang dituju.

Kemas Perlengkapan yang Dibutuhkan dalam Tas

Kemas Perlengkapan yang Dibutuhkan dalam Tas

Pilihlah travel bag yang tepat untuk menemani momen liburan Anda. Kemas barang-barang yang diperlukan seperti pakaian, obat-obatan pribadi, air minum, charger, travel adapter, dan sebagainya. Agar barang bawaan bisa dikemas dengan baik, tetap aman, dan praktis, sangat penting untuk memilih travel bag yang tepat dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Gunakan Uang dengan Bijak

Jika tujuan Anda adalah refreshing dari rutinitas setiap hari, alangkah baiknya jika Anda tidak menjadikan belanja sebuah prioritas. Sering kali kita tidak sadar saat mengunjungi pusat perbelanjaan, terutama jika sedang promo atau diskon besar-besaran. Hal itu membuat Anda terhipnotis untuk membeli barang dengan harga miring tanpa memikirkan kegunaan barang tersebut ke depannya.

Usahakan lebih menahan diri dan bertanggung jawab atas barang yang telah Anda beli. Lebih baik lagi jika Anda membatasi anggaran berbelanja selama liburan menjelang keberangkatan, serta mencatat dengan rinci setiap pengeluaran Anda sekecil apapun nilainya.

Buat daftar Dokumen Penting

Ada beberapa hal yang wajib anda bawa selama berwisata. Seperti KTP, ATM, nomor telepon penting dan dokumen yang dianggap penting lainnya.

Pilih Akomodasi yang Mendukung

Dalam sebuah perjalanan liburan atau traveling, Anda juga perlu mencermati pilihan akomodasi yang akan Anda gunakan selama di tempat tersebut. Apakah akan menggunakan transportasi publik atau menyewa kendaraan pribadi itu bergantung kepada kebutuhan dan budget Anda selama traveling. 

Hindari Musim Liburan

Saat musim liburan atau high season, harga barang dan jasa akan naik pada hampir semua tempat wisata. Oleh karena itu, selain dapat menikmati tempat liburan dengan lebih nyaman karena lokasi cenderung lebih sepi pengunjung, ada baiknya Anda berangkat saat low season karena harga yang ditawarkan biasanya lebih murah.

Pastikan Asuransi Aktif

Tentunya, kita semua tidak menginginkan hal-hal buruk menimpa saat sedang melakukan perjalanan. Akan tetapi, kita bukan berarti menyiapkan hal tersebut di situasi-situasi yang tidak terduga. Asuransi menjadi hal yang sangat penting ketika kita akan melakukan perjalanan yang jauh untuk berjaga-jaga apabila kita nanti memerlukannya.

Linda Puspita
Blogger dan Guru Honorer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar