Laporkan Penyalahgunaan

Sosok Agur Yake Mulia Pendiri Sekolah Robot “Rotobot”

Sosok Agur Yake Mulia Pendiri Sekolah Robot “Rotobot”
Sumber gambar: @redaksiborneonews

Nama Agur Yake Mulia makin populer saat dirinya dihadirkan sebagai salah satu narasumber untuk menginspirasi kawula muda di salah satu stasiun Televisi Swasta. Semakin menyala saat namanya berhasil mendapatkan penghargaan Anugrah Satu Indonesia Award pada tahun 2023.

Kira-kira apa kontribusi Agur Yake Mulia untuk Indonesia? Simak yuk, cerita inspiratif tentang sosok Agur Yake Mulia, seorang guru yang mendirikan sekolah robot bernama Rotobot.

Awal Mula Kiprah Agur Yake Mulia

Kegemarannya kepada mainan robot membuat Agur Yake Mulia suka bongkar pasang mainan robot. Inilah awal kiprahnya dimulai, sehingga ia suka menekuni dunia robotik sejak kelas 5 SD, kemudian dia mengambil jurusan mekatronika di SMK guna lebih fokus pada dunia robotik.

Karirnya dimulai saat itu dengan prestasi Nasional dan Internasional sehingga ia berhasil mendapatkan beasiswa dari Kemenristek dan Dikti untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik Sanata Dharma dengan jurusan mekatronika. Ilmu yang mendasari robotik.

Belum lulus kuliah tepatnya Juni 2016, ia telah mendirikan sekolah robot yang merupakan satu-satunya sekolah robot di Klaten. Bernama Rotobot Robotics School. Mulai memiliki 5 murid kemudian berkembang hingga 52 murid.

Yuke sangat menyukai profesi guru. Setelah tamat kuliah, Iming-iming direcrut di perusahaan besar pun ia tolak dengan halus, ia tetap diniat awal yaitu memperkenalkan dunia robotik sejak dini ke anak-anak Klaten.

Lebih lanjut yaitu mengenalkan mengembangkan dunia robotik di Indonesia dengan mendidik anak-anak dari dini untuk mengenal dan membelajari robot dari dasar.

Menariknya dalam kurun waktu satu setengah tahun saja, ia berhasil membawa anak didiknya berprestasi hingga ke kancah Asia. Dengan kurikulum yang ia rancang, berhasil mengeksplore bakat peserta didik.

Pada akhirnya, dia mampu mewujudkan mimpinya mengenalkan dunia robotik dan mendidik anak anak usia TK hingga Sekolah Menengah Atas untuk dapat membuat robot sesuai perkembangan usia anak.

Selain, mendirikan sekolah, ia kerap memberikan kelas ekstakulikuler robotik untuk sekolah sekolah yang berada di Klaten.

Dengan sekolah yang ia dirikan, dan inspirasinya pada dunia pendidikan. Agur Yake Mulia berhasil meraih penghargaan Anugrah Satu Indonesia Award tahun 2023 di bidang pendidikan mewakili generasi muda Jawa Tengah.

Adapun, SATU Indonesia Awards adalah ajang penghargaan bergengsi yang digelar setiap tahun oleh PT. Astra International, Tbk. Penghargaan ini merupakan kontribusi Astra mendorong anak muda Indonesia untuk terus berprestasi, peduli dan berinovasi di bidangnya masing-masing, ada lima bidang yaitu Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan, Teknologi dan Kewirausahaan.

Inspirasi Untuk Para Guru

Apa yang telah dilakukan oleh Agur Yake Mulia bisa menjadi inspirasi para guru, khususnya saya sendiri dalam menyelenggarakan pembelajaran yang bermanfaat untuk peserta didik. Berbasis teknologi yang asyik dan menyenangkan. Konon robotik, coding dan desain anak mampu mendorong anak lebih eksplore kreativitas dan belajar berfikir logis.

Hingga sekarang, Agur Yake Mulia terus menginspirasi guru lainnya di Indonesia melalui pelatihan pelatihan yang ia berikan. Program yang ia kembangkan pun banyak diadopsi guru lain di Indonesia guna menghadapi era digital dan menjadi pemimpin di bidang teknologi.

Dengan begini, diharapkan pendidikan di Indonesia terintegrasi dengan teknologi. Agur Yake Mulia terus berkomitmen untuk memperluas programnya dan menjangkau lebih banyak siswa dan guru di Indonesia. Melalui pelatihan, seminar yang ia berikan.

Belajar dari Agur Yake Mulia, ternyata kegemaran bisa menjadi karir yang menghantarkan kita pada kesuksesan. Bahagia ya bisa bekerja dengan basic yang kita sukai.

 

Linda Puspita
Blogger dan Guru Honorer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar