Laporkan Penyalahgunaan

Bayu Pemuda Sambas Mengajarkan Sedekah dengan Sisihkan Uang Jajan

 

Bayu Pemuda Sambas Mengajarkan Sedekah dengan Sisihkan Uang Jajan
Sumber Foto: @bayu_tahir

“Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya, hingga diputuskan perkara-perkara di antara manusia.”

(HR. Ahmad)

Hadis diatas sebagai alasan kenapa seseorang yang sudah meninggal ingin diberi kesempatan untuk hidup lagi dan akan memilih melakukan sedekah. Dahsyat banget manfaat dari apa yang telah kita sedekahkan.

Fyi, pahala sedekah terus mengalir bahkan setelah seseorang meninggal dunia. Menjadi amal jariyah. Tapi . . . beraaat banget untuk melakukan hal ini. Kita terkadang kurang menyadari manfaatnya, baik di dunia atau nanti di akhirat. Banyak alasan, dari masih banyak kebutuhan, belum merasa cukup, belum kaya dll.

Semoga, kita bukan termasuk orang yang setelah meninggal, baru benar-benar memahami betapa berharganya sedekah sebagai investasi akhirat. Yuk, belajar dari Bayu, seorang pemuda Sambas yang mengajari sedekah dengan sisihkan uang jajan.

Sosok Bayu Tahir

Bayu Tahir merupakan salah satu penerima apresiasi Satu Indonesia Award 2017 tingkat Provinsi bidang Pendidikan dari Kalimantan Barat. Programnya yang menginsipirasi yaitu membiasakan sedekah murid SMAN 3 Teluk Keramat, Kabupaten Sambas dengan cara menyisihkan uang jajan.

Sedekah tersebut lalu disalurkan dalam bentuk sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Dari program inilah awalnya terbentuk Komunitas GPS (gerakan peduli sesama) Kabupaten Sambas.

Programnya terinspirasi dari kedua orang tuanya yang berasal dari keluarga sederhana. Programnya fokus kepada gerakan peduli kaum dhuafa dan anak yatim piatu.

Membiasakan sedekah dengan sisihkan uang jajan, mengajarkan kepada murid untuk bersedekah dari kecil, sehingga terbangun kebiasaan baik yang terbawa hingga mereka dewasa dan tua. Sedekah menjadi bagian dari kebiasaan, tidak dipaksakan dan dianggap berat.

Wah! Sangat menginspirasi ya! Jadi sudah tahu nih, kenapa ketika dewasa sulit sekali dan berat untuk bersedekah? Jawabanya adalah belum terbiasa. Jadi yuk, belajar dari gerakan Bayu. Mulai belajar sedekah, selain bermanfaat untuk orang lain yang kurang beruntung, ternyata sangat bermanfaat untuk kebahagiaan kita dunia dan akhirat.

Itu kenapa muncul rasa bahagia ketika sudah melakukan salah satu kebaikan ini.

“Salah satu bentuk kebaikan dan sifat yang kerap dilupakan adalah kepedulian terhadap sesama. Padahal, ada banyak alasan penting mengapa kita harus memiliki rasa peduli terhadap orang lain. “

Quote dari Bayu selaku ketua komunitas GPS Kabupaten Sambas.

Teman-teman dapat mengenal dan mengikuti aktifitas dari Bayu melalui Instagram @bayu_tahir. Bayu terus menginspirasi dan terus konsisten menyuarakan hal baik, melalui komunitas gerakan peduli sesama Sambas.

Baru-baru ini ia juga terpilih menjadi salah satu peserta SATU Indonesia National Gathering 2024 dari ASTRA, sebagai aprisiasi terus konsisten menyebar vibes kebaikan di era gempuran carut marut yang tidak terbendung.

Melalui laman Instagramnya, ia juga membagikan kegiatan rutin membaca Al Qur’an yang dilakukan mahasiswanya sebelum memulai aktivitas kuliah. Ia sekarang aktif sebagai akademisi Institut Agama Islam Sulthan Muhammad Syafiuddin Sambas.

Satu Indonesia Award (SIA)

Satu Indonesia Award (SIA)

Melalui program Satu Indonesia Award (SIA) oleh PT Astra International Tbk, kita jadi menemukan sosok penggerak dari daerah yang menginspirasi. Dengan begitu semoga banyak yang tertular dan menjadi bagian hal baik untuk lingkungan sekitar.

Terbukti Bayu tetap survive hingga sekarang melakukan kebaikan. Dan Astra dari beberapa tahun belakang hingga sekarang masih memberikan suport positif. Untuk kegiatan pemberdayaan yang sejalan dengan lima bidang kontribusi sosial yang telah dilaksanakan Astra, seperti bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan dan bidang Teknologi.

Yuk, menjadi bagian dari pelaku penggerak di lingkungan masing-masing!

 

 

 

 

Linda Puspita
Blogger dan Guru Honorer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar