Laporkan Penyalahgunaan

Intip Yuk Kisah Sukses Alumni Prakerja 2024!

Intip Yuk Kisah Sukses Alumni Prakerja 2024!

Banyak alumni Prakerja yang berhasil setelah mengikuti pelatihan. Salah satu contohnya adalah peserta yang awalnya terkena imbas pandemi, lalu mendaftar Prakerja dan pelatihan. Setelah selesai, dengan ilmu yang didapat ia tetap survive dan berkembang.

Fyi, Program Kartu Prakerja atau populer dengan Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa beasiswa pelatihan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Ada banyak kisah sukses yang bisa menjadi inspirasi dan patokan. Beberapa di antaranya datang dari berbagai latar belakang, baik yang mencari pekerjaan, meningkatkan keterampilan, atau memulai usaha baru.

Berikut beberapa contoh kisah sukses dari alumni Prakerja, intip yuk!

Sudirta, Alumni Prakerja dari Minahasa

Nama lengkapnya adalah Sudirta Lasabuda, seorang wirausaha asal Sulawesi Utara. Dia mengikuti Program Kartu Prakerja. Meskipun awalnya ragu, ia berhasil membuktikan bahwa pengembangan Karier di Bidang Teknologi, khususnya dunia digital, telah merubah kondisi ekonominya.

Dari dia aku juga tahu bahwa mendaftar program kartu prakerja tidak mudah, gagal ikut di gelombang 13, ia coba lagi dan lagi, hingga akhirnya lolos di gelombang 15. Dia mengambil program pelatihan di bidang jurnalistik, So, selain mengelola toko kelontong miliknya, ia pun punya kesibukan baru yaitu belajar Publikasi dan Produksi Kreatif, menjadi Mahir Infografis Ala Tempo, hingga pelatihan-pelatihan lain yang berkaitan dengan dunia Jurnalistik.

Seperti kita tahu, dunia digital naik daun ketika pandemi mulai melanda. Dimana semua lapisan masyarakat menggunakan digital, dari belajar, belanja dan kebutuhan lainnya. Peluang kerja dan usaha secara online terbuka sangat lebar.

Peluang ini diambil oleh Sudirta, ia pun setelah lulus program prakerja bersama rekannya mendirikan media masa berbasis online. Bisa ditebak, peluang itu memberikan penambahan penghasilan, keterampilan, relasi bahkan lapangan pekerjaan baru.

Ia pun semakin sibuk menularkan inspirasi ke masyarakat luas dengan menjadi pembicara. Untuk mengenalkan manfaat media digital dan teknologi untuk kehidupan yang lebih baik.

Dampak Positif Untuk Masyarakat

Lalu, dari kisah alumni diatas bagaimana manfaat program Prakerja langsung berdampak dalam kehidupan sehari-hari? Menurutku berdampak positif sih, seperti berikut ini bagaimana Prakerja bisa bermanfaat untuk:

Menambah Penghasilan

Seperti Sudirta yang awalnya pedagang klontong, setelah mengikuti pelatihan, ia mendapatkan pekerjaan baru yang bisa dilakukan dari rumah yaitu mengelola media massa online. Tentunya, meningkatkan keterampilan yang membuat kita lebih bernilai, dan menambah penghasilan.

Belajar Manage Waktu

Dengan pelatihan dan mendapatkan tambahan ilmu, pastinya mahir juga dalam memanage waktu, yang awalnya suka menunda, kini punya keterampilan yang lebih baik. Pekerjaan dilakukan dengan lebih efisien. Lebih gercep, karena telah menunggu pekerjaan lainnya. Menurutku lebih semangat, tidak membiarkan waktu dihabiskan untuk hal-hal yang tidak ada manfaatnya.

Lebih Percaya Diri

Kalau kita bisa pastinya lebih percaya diri ‘kan? So setelah menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat, kepercayaan diri meningkat, dan ini bisa berpengaruh pada bagaimana menjalani kehidupan sehari-hari. Bersosialisasi dan bekerja sama dengan orang lain.

Menambah Relasi

Sudirta yang memahami jurnalistik karena pelatihan ini tentunya mengenal banyak komunitas yang sefrekuensi. Ini akan menambah vibes positif untuk kariernya di bidang media online.

Penutup

Contoh lain adalah Vita dari Gorontalo, yang juga kena dampak pandemi sulitnya mencari kerja setelah kuliah. Setelah mengikuti pelatihan di bidang pemasaran digital atau digital marketing melalui program Prakerja, ia mampu memanfaatkan keterampilannya untuk menjadi MUA dan guru Matematika dengan klien yang terus bertambah.

Sebenarnya, banyak kisah inspiratif lainnya dari alumni yang memanfaatkan program Prakerja untuk menemukan jalan baru, baik dalam karier maupun kewirausahaan. Kalau kamu merasa kenal dan tahu kisah sukses di luar sana tentang program ini. Atau jangan jangan kamu sendiri termasuk salah satu alumni prakerja 2024?  Yuk share keterampilan yang  kamu tingkatkan, dan dampaknya di kehidupan sehari-hari dan masyarakat luas. Siapa tahu jadi inspirasi banyak orang.

Linda Puspita
Blogger dan Guru Honorer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar